Resep Olahan Asinan Jakarta

Bagi warga betawi, tentunya asinan yang satu ini sudah tidak asing lagi dan sudah terbiasa untuk membuatnya, tapi ada baiknya bagi anda yang berasal dari daerah lain pun ikut mencoba untuk mencicipi rasanya atau terlebih ingin membuatnya sendiri.

Resep olahan asinan Jakarta yang menggugah selera

Cara Pengolahan Asinan Jakarta

Bahan :

§  1 Mangkok tauge
§  2 Ikat sawi asin
§  10 Lembar daun slada
§  4 Lembar daun kol
§  4 Buah mentimun
§  ½ Mangkok daun tekim
§  2 Potong tahu
§  ½ Ons emping melinjo
§  ½ Mangkok kacang tanah
§  1 Buah bengkoang (pilih yang besar)
§  4 Biji kerupuk udang

Bumbu :

§  2 Sendok makan ebi/udang kering
§  2 Sendok makan gula pasir
§  6 Sendok makan gula jawa
§  1 Sendok makan garam
§  3 Sendok makan cuka, dan
§  1 Siung bawang putih
§  2 Buah cabe rawit
§  2 Buah cabe merah

Cara Pengolahan Asinan Jakarta

Sayur dicuci dengan air garam (direndam) kemudian dibilas dengan air masak yang dingin. Setelah itu udang kering dicuci dan direndam pada air yang mendidih dan kemudian dihaluskan.

Bumbu-bumbu yang sudah disiapkan juga dihaluskan dan dimasukan kedalam air gula. Ebi, gula dan cuka juga ikut dimasukan kedalam air dan direbus bersama sampai mendidih.
Baca juga:
Rebuslah gula jawa yang telah disiapkan dengan menambahkan air kurang lebih satu gelas hingga mendidih kemudian campurkan hingga menjadi saos berwarna merah, cair dan rasanya agak masam.

Potong-potong tahu dan masukan kedalam saos, rebus sebentar dan angkat biarkan hingga dingin. Kol dan sawi asin dirajang, mentimun dan bengkoang dikupas kulitnya dan diiris tipis-tipis. Dan tambahkan daun tekim.

Mentimun, bengkoang, kol dan tauge disusun diatas mangkok dan disirami saos sampai terendam. Kemudian hidangkan diatas piring yang dialasi daun slada. 

Sayuran yang sudah direndam saos tadi kemudian diatasnya ditaburi kerupuk, emping dan kacang goreng. Asinan Jakarta pun siap untuk dihidangkan

bm

Ibu rumah tangga pehobi kuliner, blogger dan influencer.

Posting Komentar

Mohon berikan komentar dengan bahasa yang sopan sesuai dengan topik yang dibahas, tidak memasang link hidup, dan tidak meninggalkan spam!.

Terimakasih banyak atas perhatiannya.

avatar
Admin Jari Lentik Online
Selamat datang di Jari Lentik
Silakan kirimkan pesan untuk bekerjasama dengan kami!